Memandang Sudut Karimunjawa dari Bukit Joko Tuwo

Posted on

Bukit Jowo yang terletak di Karimunjawa adalah salah satu bukit yang dulu hanya sebuah bukit bias, tetapi sekarang sudah berubah drastis menjadi salah satu tujuan wisata darat di Karimunjawa. Di bukit Joko Tuwo Karimunjawa kita bisa melihat pemandangan kepulauan Karimunjawa dari atas bukit. Jika anda mengunjungi Bukit Joko Tuwo anda bisa melihat beberapa pulau yang masuk dalam jajaran kepulauan Karimunjawa seperti pulau Menjangan Besar, pulau Menjangan Kecil, pulau Cemara besar, pulau Cemara Kecil, Pulau Menyawakan, dll. Karena Bukit Joko Tuwo letaknya di sebelah barat pulau Karimunjawa, selain anda bisa melihat beberapa pulau-pulau kecil di sebelah barat pulau Karimunjawa, anda juga bisa menyaksikan moment pemandangan sunset yang sangat menakjubkan dan sangat indah sekali karena cahaya sunset akan menyinari efek siluet beberapa pulau kecil. Bagi anda penggemar fotografi jangan sampai anda berkunjung ke Karimunjawa tanpa mengunjungi Bukit Joko Tuwo.

Akses menuju Bukit Joko Tuwo Karimu Jawa sangatlah mudah karena jaraknya termasuk sangat dekat dengan alun-alun Karimunjawa. Anda cukup berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke Bukit Joko Tuwo Karimun Jawa. Walaupun jalannya cukup menanjak tetapi jaraknya tidak terlalu jauh dan bagi orang tua dan anak-anak kecil menurut saya masih bisa untuk melewati jalur menuju Bukit Joko Tuwo Karimun Jawa. Untuk tiket masuk ke Bukit Joko Tuwo Karimun Jawa anda cukup merogoh kocek hanya Rp 10.000,-/orang cukup murah bukan...

Di kawasan Bukit Joko Tuwo Karimun Jawa ada beberapa lokasi yang bisa anda kunjungi sebagai tempat untuk berfoto bersama teman, keluarga, kekasih karena memiliki pemandangan yang cukup indah seperti kebun bunga yang berada diantara bebatuan padas. Di Bukit Joko Tuwo Karimun Jawa yang paling unik yaitu ada sebuah kerangka ikan yang sangat besar sekali. Kerangka ikan tersebut merupakan kerangka ikan paus raksasa yang sengaja dimuseumkan di Bukit Joko Tuwo Karimun Jawa. Dan kerangka ikan paus purba itulah yang dinamakan kerangka ikan Joko Tuwo. Selain kerangka ikan paus purba raksasa yang diabadikan, ada juga tasbih raksasa. Tasbih raksasa tersebut merupakan rangkaian baru berukuran besar yang dilubangi dan dirangkai sehingga menjadi tasbih raksasa. Bagi anda yang sedang memadu kasih dengan pacar bisa berfoto selfie bersama kekasih ketika matahari menjelang terbenam. Dijamin momen liburan anda ke Karimunjawa menjadi sangat berkesan dan tidak akan terlupakan.

Dari atas ketinggian sekitar 150 mdpl bukit ini tersaji pemandangan indah pulau-pulau yang ada di kawasan Karimunjawa seperti Pulau Menjangan Kecil dan Besar. Sajian matahari tenggelam di kala senja menjadi sajian penutup hari di bukit ini. Inilah Bukit Joko Tuwo, bukit di kawasan Karimunjawa dengan titik pemandangan alam yang menawan.

Semilir angin sepoi-sepoi seperti menjadi teman setia ketika pengunjung menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo. sejauh mata memandang akan tersaji pemandangan yang membuat pandangan seperti dimanjakan oleh keindahan alam Karimunjawa. Pemandangan kapal yang hilir mudik melintasi lautan di kawasan Karimunjawa salah satu pemandangan menarik di sini.

Untuk bisa menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo, pengunjung harus berjalan kaki. Jarak dari titik awal Alun-Alun sekitar 3 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit. Jalur perjalanan yang menanjak dengan pepohonan rindang di sekelilingnya memberikan kesegaran dan kesejukan tersendiri selama perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo. Dalam perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo, pengunjung akan melewati Flower Hill Karimunjawa yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat di saat lelah berjalan kaki.

Selain sajian pemandangan, di Bukit Joko Tuwo kita juga bisa melihat tulang ikan paus yang memiliki panjang sekitar 12 meter dan terletak di sekitar perbukitan. Kerangka ikan paus ini oleh warga sekitar terkenal dengan nama Joko Tuwo. Sekilas, bila dilihat kerangka ini mirip dengan kayu pahatan buatan manusia, namun kerangka ini merupakan asli kerangka ikan paus. Pengunjung juga dapat melihat tasbih berukuran raksasa yang memiliki berat sekitar 1 ton. Sampai kini warga di sekitar Karimun Jawa masih memperbincangkan mengenai keberadaan tasbih yang terbuat dari bebatuan alam ini.

One thought on “Memandang Sudut Karimunjawa dari Bukit Joko Tuwo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *